Nasional

Punya masalah dengan Rambut rontok, ini cara Menguranginya

Published by nasional on 02/11/22 | 17.49

 


Tentu,
nggak sedikit orang yang mengalami rambut rontok. Entah perempuan maupun laki-laki, pasti ada saja yang seringkali mengalami kerontokan rambut, mulai dari sehelai hingga rambut rontok yang berlebihan. Kalau rambut sudah rontok secara berlebihan, tentunya nggak nyaman dan bikin volume rambut juga berkurang. Akhirnya, rambut kamu juga tampak lebih tipis dibanding sebelumnya. Lebih parahnya lagi, masalah kerontokan rambut yang berlebihan juga bisa menyebabkan kebotakan, lho.

Jadi, sebaiknya kamu segera mengetahui apa penyebab rambut rontok dan menanganinya dengan cara yang tepat. Nah, ini dia beberapa penyebab yang bisa terjadi dan salah satu cara untuk mengurangi kerontokan rambut!

Penyebab rambut rontok Kekurangan nutrisi

Salah satu penyebab kerontokan rambut yang sering terjadi yaitu kurangnya nutrisi untuk rambutmu. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk menguatkan rambutmu misalnya vitamin D, zat besi, serta zinc. Vitamin D ini bisa membantu merangsang pertumbuhan folikel rambutmu. Nah, kalau jumlah vitamin D kurang, kamu bisa berpotensi mengalami alopecia atau kebotakan di kepala.

Kekurangan zat besi juga jadi pemicu menipisnya rambut karena zat besi punya peranan besar untuk mengantarkan oksigen ke folikel rambut. Jika zat besi jumlahnya nggak cukup, maka pertumbuhan rambut akan terhambat. Selain itu, rambut rontok juga bisa disebabkan oleh kekurangan zinc yang tugasnya membantu menjaga fungsi kelenjar minyak supaya bekerja dengan baik. Nah, kekurangan tiga nutrisi tersebut tentunya membuat cara kerja organ jadi berantakan dan menyebabkan rontoknya rambut.

Stres

Sering mengalami stres? Sebaiknya jangan berlarut-larut dalam stres karena hal tersebut bisa jadi salah satu penyebab rambut rontok yang berlebihan. Stres yang bisa menyebabkan kerontokan rambut yaitu stres psikososial yang muncul karena adanya tekanan. Hal ini tentu sangat sering ditemukan di berbagai lingkungan.

Nggak hanya itu saja, stres juga bisa menyebabkan berbagai jenis kerontokan rambut seperti Alopecia Areata (kebotakan), Telogen Effluvium (kerontokan rambut secara mendadak), serta Trikotilomania (kondisi ketika penderitanya memiliki dorongan yang tak tertahankan untuk mencabuti rambut sendiri). Nggak mau sampai hal ini terjadi, kan?

Perubahan hormon

Selain kekurangan nutrisi dan stres, hormon juga berpengaruh dalam kerontokan rambut. Penyebab rambut rontok yang berlebihan ini bisa terjadi karena adanya hormon DHT atau dihidrotestosteron. Hormon ini merupakan hormon yang berada di kelenjar folikel. Sehingga ketika terjadi perubahan metabolisme androgen di usia dewasa, bisa terjadi masalah rambut rontok yang berlebihan.

Selain itu, pada kondisi hamil, melahirkan, dan menopause pun bisa terjadi perubahan hormon progesteron dan estrogen yang membuat rambut memasuki fase telogen dan akan mengalami kerontokan.

Gimana cara mengurangi kerontokan rambut?

Kalau kamu mengalami rambut rontok yang berlebihan dan nggak wajar, kamu bisa berkonsultasi ke dokter supaya dapat penanganan yang tepat. Nggak cuma itu saja, kamu juga perlu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut supaya dapat tumbuh dengan baik dan nggak mudah rontok. Plus, menggunakan produk hair care khusus untuk merawat rambut rontok juga sangat penting!

Kamu bisa memakai sampo khusus rambut rontok dengan kandungan yang ampuh mengurangi kerontokan rambut, yaitu produk lavojoy Hold Me Tight Shampoo. Sampo ini mengandung banyak bahan bernutrisi untuk mengatasi kerontokan rambut. Seperti amino acid, ceramide, centella asiatica, dan lactobacillus. Dengan kandungan yang tepat, Hold Me Tight sampo dapat mengunci kelembapan kulit kepala dan menguatkan akar rambut sehingga kerontokan pun akan berkurang.

Nah, lavojoy Hold Me Tight Shampoo memang dirancang khusus untuk mengatasi kerontokan rambut yang sering dialami banyak orang, karena manfaatnya oke banget untuk memberikan nutrisi pada kulit kepala supaya bisa menghasilkan rambut yang sehat serta akar yang kuat.

Salah satu kandungan utama yang jadi andalan lavojoy Hold Me Tight Shampoo adalah amino acid yang menghasilkan busa lembut dan bikin rambut bersih secara maksimal. Selain itu, amino acid juga dapat memproduksi kolagen sehingga rambut lebih kuat, nggak mudah rontok, serta mencegah kerusakan folikel rambut dan uban. Kandungan amino acid yang lembut dan nggak keras bagi kulit kepala pun aman dan cocok untuk digunakan bagi semua jenis kulit kepala, bahkan kulit sensitif! Bicara soal formula yang keras untuk rambut, sampo ini juga punya formula yang aman karena nggak mengandung silikon serta sulfat. Formulanya yang mild nggak bikin rambut kamu terasa kering dan kasar setelah keramas. Sehingga cocok banget buat kamu yang sedang mengalami kerontokan rambut.

Kandungan lainnya ada ceramide yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas, mempertahankan kelembapan, dan membantu memperkuat rambut. Selain itu, ceramide juga dapat memperbaiki bagian terluar rambut serta mengunci kadar air di kulit kepala, sehingga tetap terhidrasi dan nggak gampang rusak serta rontok.

Bukan hanya amino acid dan ceramide, ada centella asiatica yang bisa menenangkan kulit kepala, apalagi kalau kamu sering mengalami masalah iritasi di kulit kepala. Menariknya centella asiatica dipercaya dapat membantu membersihkan kotoran, menjaga kadar minyak pada kulit kepala, dan mengatasi kerontokan rambut juga lho.

Nggak kalah penting dari yang lainnya, ada pula lactobacillus yang punya peranan penting untuk menyeimbangkan pH pada kulit kepala agar membantu mengurangi rambut rontok. Serunya lagi, lavojoy Hold Me Tight Shampoo juga hadir dengan varian Lazy Sunday yang aromanya manis dan segar dengan perpaduan floral dan fruity. Sehingga rambut jadi lebih wangi seharian!

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa gunakan sampo Hold Me Tight lalu dilanjutkan dengan SOS Nourishing Conditioner agar mendapatkan hasil rambut yang sehat dan lembut. Jangan lupa untuk rutin memakainya ya, supaya hasilnya juga lebih optimal!

Itu dia beberapa penyebab terjadinya kerontokan rambut dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui. Nah, sekarang kamu sudah lebih paham tentang masalah rambut rontok, belum? Sampo khusus rambut rontok, alias lavojoy Hold Me Tight Shampoo varian Lazy Sunday pastinya juga bikin kamu tertarik untuk mencoba, kan?

Berita Terkait

Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru

 
Copyright © 2013 - . Portal Media Online Sorot Nasional - All Rights Reserved