Nasional

Duh! DPRD DKI Minta Tambahan Anggaran Rp 4 M Untuk Pelesiran

Published by sorotnasional on 15/12/15 | 16.00

Para pimpinan DPRD DKI
SOROTNASIONAL.com - Anggota DPRD DKI Jakarta meminta tambahan anggaran biaya perjalanan dinas alias kunjungan kerja (kunker) sebesar Rp 2,5 juta per anggota dewan.

"Penambahannya Rp 4 miliar untuk perjalanan dinas," kata Sekretaris Dewan DPRD DKI Muhammad Yuliadi di Gedung DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (15/12).

Dia menyatakan, anggaran kunker kemarin senilai total Rp 6 miliar. Berarti bila tahun 2016 nanti berhasil ditambah Rp 4 miliar, anggaran kunker menjadi sebesar Rp 10 miliar.

DPRD DKI menyatakan berpegang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No 72 Tahun 2015 tentang pedoman penyusunan APBD. Anggota dewan Jakarta meminta evaluasi nominal anggaran kunkernya. "Karena sudah terlalu lama (anggaran tak berubah). Namun ini disesuaikan dengan kemampuan daerah juga," kata Yuliadi.

Yuliadi lantas membandingkan dengan DPRD provinsi lain, DPRD Jawa Timur disebutnya pernah punya anggaran kunker sebesar Rp 1,5 juta per orang. Namun DPRD DKI pada 2015 hanya mendapat anggaran Rp 350 ribu sampai Rp 450 ribu per orang.

Kini DPRD DKI mengusulkan agar anggaran kunker ditambah, menjadi Rp 2,5 juta per orang untuk tiga hari kunker. Soal kategorisasi jarak dan kebutuhan kunker, itu akan dibicarakan pembiayaannya. "Meski begitu, ini perlu ada penguatan lewat Surat Keputusan (SK) Gubernur," kata dia.

Namun, usulan itu secara tegas ditolak oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama karena dinilai tidak ada dasarnya. "Saya sudah tolak, kalau Rp 2 juta enggak bisa karena enggak ada dasarnya," tegas Ahok, sapaan Basuki. (ab)

Berita Terkait

Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru

 
Copyright © 2013 - . Portal Media Online Sorot Nasional - All Rights Reserved