Nasional

Pusinfolahta TNI Adakan Seminar Teknologi Informasi TNI

Published by Suara Lempanas on 30/10/13 | 16.00

Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Panglima TNI Laksamana Muda TNI Slamet Yulistiono membuka "Seminar Teknologi Informasi TNI" tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Pusat Informasi dan Pengolahan Data (Pusinfolahta) TNI, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap – Jakarta Timur, Rabu (30/10/2013).
Seminar sehari dengan tema "Melalui Seminar Teknologi Informasi Tahun 2013, Kita Tingkatkan Pengetahuan Tentang Strategi Penanganan Big Data Pada Sistem Informasi TNI Dengan Memanfaatkan Teknologi Cloud Computing dan Fasilitas Data Center Dalam Mendukung Tugas Pokok TNI", diikuti oleh 67 peserta terdiri dari 23 Mabes TNI, 23 TNI AD, 9 TNI AL, 9 TNI AU dan 3 Kemhan serta di hadiri para pejabat di lingkungan Mabes TNI.
Askomlek Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan bahwa, pembangunan aplikasi sistem informasi di lingkungan TNI saat ini maupun pada saat yang akan datang perlu mendapat perhatian, khususnya yang terkait dengan tiga atribute yang melekat pada fenomena Big Data yaitu Volume, Variety, dan Velocity Data. "Fenomena Big Data yang terjadi saat ini pada umumnya akan dikaitkan dengan pemanfaatan teknologi Cloud Computing serta fasilitas Data Center yang diperlukan untuk menjamin akses serta ketersediaan data dan informasi secara terus menerus termasuk kemampuan untuk memberikan jaminan keamanan terhadap akses data tersebut", ujarnya.
"Melalui kegiatan seminar ini penting kiranya bagi para peserta, utamanya bagi komunitas pengawak Teknologi dan Informasi TNI untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang ketiga hal yang saling memiliki keterkaitan", kata Askomlek.
Kepada seluruh peserta seminar, Askomlek Panglima TNI menekankan : Pertama, pergunakan momentum seminar ini dengan sebaik-sebaiknya sebagai wahana untuk meningkatkan pengetahuan tentang strategi penanganan Big Data pada sistem informasi TNI dengan memanfaatkan teknologi Cloud Computing dan fasilitas Data Center dalam rangka mendukung tugas pokok TNI, khususnya yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas-tugas bidang ke Infohlahtaan ke depan. Kedua, jadikan forum seminar ini sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman serta mendiskusikan dalam menangani berbagai permasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan serta pengolahan data dan informasi guna mencari solusi terbaik dalam pemecahannya. Ketiga, manfaatkan seminar ini untuk saling berkomunikasi dan berkoordinasi antara komunitas pengawak Teknologi Informasi TNI maupun dengan komunitas pengawak Teknologi Informasi di luar TNI, sehingga dapat terjalin hubungan yang bersifat simbiosis-mutualisme guna menyikapi berbagai hal yang berhubungan dengan fenomena Big Data, teknologi Cloud Computing dan fasilitas Data Center bagi kepentingan TNI.
Pelaksanaan seminar diisi oleh para narasumber, diantaranya Dosen UI Yudho Giri Sucahyo, S.Kom, M.Kom, Ph.D tentang penanganan Big Data dan Wakil Ketua Harian Detiknas Prof. Ir. Zainal A. Hasibuan, MLS, Ph.D tentang pemanfaatan teknologi, serta Achmad Rully. S.T. Praktisi IT yang mengupas tentang Data Center sebagai jantung informasi di lingkungan TNI.
Authentikasi :
Pgs. Kadispenum Puspen TNI, Letkol Caj Drs. Edyana Sulistiadie


Berita Terkait

Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru

 
Copyright © 2013 - . Portal Media Online Sorot Nasional - All Rights Reserved