Nasional

Gus Ipul Minta Pensiun Harus Bahagia

Published by Suara Lempanas on 30/10/13 | 15.55

Wakil Gubernur Jatim  H. Saifullah Yusuf mengatakan, menjadi seorang PNS purna tugas (pensiunan) bukan berarti hilang semangat untuk berkarya dalam melayani masyarakat. Akan tetapi, menjadi purna tugas PNS harus menjadi orang yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, serta yang terpenting harus terus bahagia.
Hal tersebut disampaikan dalam sambutan pelepasan PNS Purna Tugas di Lingkungan Pemprov Jatim di Graha Wicaksana Praja Jl. Pahlawan 110 Surabaya, Rabu, (30/10).
Ia menuturkan, purna tugas tidak harus berhenti berkarya, tetapi  banyak hal yang bisa dilakukan seusai menjalankan darma bahktinya di aparatur negara. Berbagai kegiatan positif bisa dilakukan dalam hidup bermasyarakat. "Saya melihat wajah-wajah pensiunan Pemprov Jatim ini masih mampu berkarya dan masih bisa mengabdi tidak hanya di lingkungan birokrasi, akan tetapi, ilmu dan pengalamannya di pemerintahan masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat," ujarnya.
Gus Ipul sapaan akrabnya menjelaskan, kebahagiaan merupakan hal penting, karena itu, pensiunan diharapkan mampu membangun kebahagiaan dari dalam diri. "Kebahagiaan merupakan hal yang mahal, melebihi apapun. Kebahagiaan yang paling penting adalah orang yang selalu dekat dengan Tuhannya. Sebab, jika orang dekat dengan Tuhan, dipastikan hidupnya akan bahagia," imbuhnya.
Menurutnya, mempersiapkan bekal untuk modal kemandirian sangat penting. Kemandirian menjadi kata kunci kesuksesan yang harus dipegang oleh seorang PNS purna tugas selepas dari rutinitas kegiatan formal. Menjadi pensiunan tidak perlu disesali. Justru dengan menjadi pensiunan orang memiliki kesempatan untuk membangun hidup baru tanpa mengandalkan sesuatu dari negara.
Pelepasan purna tugas ini tidak hanya penting, namun juga memiliki momentum yang harus dijaga makna dan nilainnya. Kegiatan ini juga berguna bagi PNS dalam menjaga tali silaturahmi diantara sesama. Sedangkan bagi teman sejawat yang ditinggalkan dapat memberikan cambuk dan motivasi untuk meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat dalam pembangunan. "Ini adalah bentuk penghargaan yang sangat mulia, kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan yang diberikan oleh yang muda kepada yang tua. Kepada yang masih aktif, saya meminta untuk  melanjutkan pembangunan yang sudah baik, "pintanya
Ia berharap, pensiunan PNS Pemprov Jatim dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran di Jatim. Selain itu, kepada pensiunan agar terus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. "Saya atas nama masyarakat Jatim mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitasnya serta pengabdian yang tinggi mencurahkan seluruh waktu dan tenaganya bagi bangsa dan negara," tegasnya.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov. Jatim Dr H. Akmal Boedianto menjelaskan, kegiatan pelepasan PNS purna tugas di lingkungan Pemprov Jatim dimaksudkan sebagai ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas jasa dan pengabdian serta kontribusinya dalam membangun Jatim.
Selain itu, kegiatan ini sebagai sarana untuk membina kelangsungan hubungan kekeluargaan lahir dan batin yang bertujuan untuk tetap menumbuhkembangkan tali silaturahmi sesama purna tugas.  Para purna tugas memperoleh Piagam Penghargaan dari Gubernur Jatim dan tali asih satu kali gaji  dan souvenir. (Humas Setdaprov Jatim Nif/Askn/Gel).
   





Berita Terkait

Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru

 
Copyright © 2013 - . Portal Media Online Sorot Nasional - All Rights Reserved